e ISSN 2614-8935 (Media Online)

p ISSN 2615-3815 (Media Cetak)

INOVASI Jurnal Politik dan Kebijakan adalah jurnal ilmiah bidang ilmu politik dan kebijakan yang Terakreditasi Peringkat 2 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia Nomor 200/M/KPT/2020 Tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020 tanggal 23 Desember 2020.

INOVASI Jurnal Politik dan Kebijakan sebagai media litbang Provinsi Sumatera Utara memuat karya tulis ilmiah hasil penelitian atau tinjauan kepustakaan dalam bidang pemerintahan dan pengkajian peraturan, sosial dan kependudukan, ekonomi dan pembangunan, inovasi dan teknologi sebagai bahan kebijakan dan wawasan berpolitik yang terbit dua kali dalam setahun setiap bulan Mei dan Oktober.

 

sertifikat-akreditasi-2020

Vol 18 No 2 (2021): JURNAL INOVASI VOL. 18 NO. 2 OKTOBER 2021

HORAS……

Pembaca yang terhormat,

Adaptasi kebiaasaan baru telah merubah banyak aspek dalam kita, mulai dari cara bersosialisasi, belajar, bekerja hingga belanja. Namun, tidak merubah konsistensi editor INOVASI: Jurnal Politik dan Kebijakan untuk menghadirkan tulisan-tulisan ilmiah yang sesuai dengan perkembangan saat ini.

Edisi Oktober 2021 diawali dengan tulisan tentang penyederhanaan eselonisasi yang sedang menjadi topik hangat di tataran birokrasi saat ini. Artikel pendidikan pada edisi kali ini yaitu konsep “Kampung Beasiswa” di Sumatera Utara dan kebijakan pendidikan bela negara. Tulisan lainnya menampilkan penumbuh-kembangan inovasi, ekowisata di kawah Ijen, serta jasa lingkungan di kawasan hutan dengan tujuan khusus Aek Nauli.

Artikel dengan topik kebijakan ekonomi seperti: usaha kecil menengah dan keuangan desa turut mengisi edisi Oktober 2021. Tidak ketinggalan artikel tentang penanganan pengungsi, lalu dilanjutkan dengan tulisan tentang kebijakan Pemilu. Edisi kali ini ditutup dengan tulisan tentang implementasi kawasan tanpa rokok di Sumatera Utara.

Semoga berbagai rekomendasi dari artikel INOVASI: Jurnal Politik dan Kebijakan edisi Oktober 2021 dapat menjadi acuan kebijakan dalam penyelenggaraan pemerintahan di Sumatera Utara secara khusus, dan di Indonesia umumnya.

 Terima kasih dan selamat membaca.

 -Dewan Redaksi-

Published: 2021-10-19

Kebijakan Penanganan Pengungsi Luar Negeri di Indonesia

penny naluria utami, Okky Chahyo Nugroho, Donny Michael Situmorang

225-236

View All Issues

Jurnal Inovasi Balitbang Provsu ter index [at] :