e ISSN 2614-8935 (Media Online)

p ISSN 2615-3815 (Media Cetak)

INOVASI Jurnal Politik dan Kebijakan adalah jurnal ilmiah bidang ilmu politik dan kebijakan yang Terakreditasi Peringkat 2 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia Nomor 200/M/KPT/2020 Tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020 tanggal 23 Desember 2020.

INOVASI Jurnal Politik dan Kebijakan sebagai media litbang Provinsi Sumatera Utara memuat karya tulis ilmiah hasil penelitian atau tinjauan kepustakaan dalam bidang pemerintahan dan pengkajian peraturan, sosial dan kependudukan, ekonomi dan pembangunan, inovasi dan teknologi sebagai bahan kebijakan dan wawasan berpolitik yang terbit dua kali dalam setahun setiap bulan Mei dan Oktober.

 

sertifikat-akreditasi-2020

Vol 19 No 2 (2022): JURNAL INOVASI VOL. 19 NO. 2 OKTOBER 2022

HORAS……

Pembaca yang terhormat,

Riset sebagai dasar pengambilan kebijakan semakin dibutuhkan pada pembangunan dimasa sekarang. Pada tataran pemerintah pusat, telah dibentuk lembaga Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang tugasnya antara lain melaksanakan pengarahan dan penyinergian dalam penyusunan perencanaan, program, anggaran, dan sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologi bidang penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan. Agar tugas tersebut dapat terlaksana hingga ke tingkat Provinsi, maka perlu dibentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA).

Sebagian tugas BRIDA, pada saat sekarang telah diampu oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi. Agar koordinasi terhadap kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan berjalan dengan baik,  pembentukan BRIDA di Provinsi Sumatera Utara menjadi sesuatu yang mendesak.

Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi  Sumatera Utara melalui Jurnal INOVASI edisi Oktober 2022, kembali menyajikan artikel ilmiah dengan tema yang beragam. Diawali dengan artikel tentang sumber daya alam yang dimiliki Sumatera Utara yaitu, kemenyan, orangutan dan wisata bahari. Selanjutnya artikel tentang reforma agraria dan resiko bahaya erosi pada lahan menjadi sajian yang melengkapi edisi kali ini.

Tema lain yang turut mengisi Jurnal INOVASI antara lain tentang: industri kreatif, indeks literasi di Sumatera Utara, budaya politik pemilu, dan akuntabilitas pemangku kepentingan. Jurnal INOVASI volume 19 tahun 2022 ditutup dengan dua artikel tinjauan kepustakaan tentang stunting dan gaya kepemimpinan di masa pandemi Covid-19.

Semoga keberagaman artikel pada terbitan kali ini bermanfaat dan memperkaya wawasan keilmuan pembaca sekalian serta menjadi pertimbangan dalam pengambilan kebijakan.

Terima kasih dan selamat membaca.

 

-Dewan Redaksi-

Published: 2022-10-24

Inovasi Pengembangan Wisata Bahari di Pantai Timur Provinsi Sumatera Utara

Indra Utama, Syarifuddin Siba, Nobrya Husni, Anton Parlindungan Sinaga, Silvia Darina, deni syahputra, Martina Silaban, Yanita Yanita

117-131

Pengukuran Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat di Sumatera Utara Tahun 2021

Dumora Jenny Margaretha Siagian, Poppy Marulita Hutagalung, Jonny Sitorus, Ceria Aprilliana

173-186

View All Issues

Jurnal Inovasi Balitbang Provsu ter index [at] :