e ISSN 2614-8935 (Media Online)

p ISSN 2615-3815 (Media Cetak)

Jurnal INOVASI adalah jurnal ilmiah bidang ilmu politik dan kebijakan yang terakreditasi dengan Nomor Akreditasi: 736/AU3/P2MI-LIPI/04/2016 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor : 329/E/2016 tanggal 24 Maret 2016.

Jurnal INOVASI sebagai media litbang Provinsi Sumatera Utara memuat karya tulis ilmiah hasil penelitian atau tinjauan kepustakaan dalam bidang pemerintahan dan kemasyarakatan, sosial budaya, ekonomi dan pembangunan, sumberdaya alam dan maritim sebagai bahan kebijakan dan wawasan berpolitik yang terbit dua kali dalam setahun setiap bulan Mei dan Oktober.

Vol 15 No 1 (2018): Jurnal Inovasi Mei 2018

HORAS……

Pembaca yang terhormat,

Jurnal INOVASI telah memasuki volume 15 di  tahun 2018 dan menjadi edisi yang istimewa. Mulai volume 1 terbitan Mei 2018, Jurnal INOVASI secara resmi menggunakan aplikasi Open Journal System (OJS) dalam pengelolaannya, mulai dari penerimaan naskah hingga penerbitannya. Banyak kendala dan tantangan yang dihadapi redaksi untuk menghadirkan edisi kali ini, salah satunya pemahaman dalam menggunakan aplikasi OJS. Jurnal INOVASI yang telah berbasis OJS diharapkan memperluas cakupan pembaca serta meningkatkan minat para peneliti, dosen, mahasiswa serta para ahli untuk menerbitkan naskah ilmiah.

 

Jurnal Inovasi edisi Mei 2018 kali ini memuat tulisan dengan tema beragam. Artikel pertama dan kedua mengusung tema keuangan yaitu tentang kemandirian keuangan daerah serta akses rumah tangga terhadap lembaga keuangan formal. Artikel berikutnya menyajikan hasil survei demografi dan kesehatan Indonesia dari sisi partisipasi program Keluarga Berencana (KB). Dua artikel selanjutnya mengetengahkan topik tentang  aspek inovasi dan teknologi pengembangan Kawasan Danau Toba (KDT) serta kearifan lokal dalam mendukung pariwisata khususnya di Kabupaten Samosir. Edisi kali ini ditutup dengan artikel tentang kebijakan pengelolaan KEK Sei Mangkei ditinjau dari indikator lingkungan.

Semoga sajian tulisan kali ini bermanfaat pagi para pembaca serta dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah khususnya Provinsi Sumatera Utara.

Terima kasih dan selamat membaca.

 

-Dewan Redaksi-

Published: 2018-05-28

View All Issues

Jurnal Inovasi Balitbang Provsu ter index [at] :